LAPORAN HASIL PRAKTIK INDUSTRI
PERBAIKAN REM TROMOL DAN SUSPENSI DEPAN
HONDA SUPRAX 125D
DI BENGKEL FAMILY MOTOR
Jalan pandanaran no. 272 boyolali
Laporan praktek ini disusun untuk memenuhi
sebagian persyaratan mengikuti Ujian Nasional
DISUSUN OLEH
NAMA :WIJANG
PRASETIYO AJI
NIS :0574
PROGRAM STUDI KEAHLIAN :TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
KOMPETENSI KEAHLIAN :TEKNIK SEPEDA MOTOR
SMK NEGERI 1 KALIWUNGU KABUPATEN SEMARANG
TAHUN 2012
Halaman pengesahan DUDI
LAPORAN HASIL PRAKTIK INDUSTRI
PERBAIKAN REM TROMOL DAN SUSPENSI DEPAN
HONDA SUPRAX 125D
DI BENGKEL FAMILY MOTOR
Jalan pandanaran no. 272 boyolali
Laporan praktek ini disusun untuk memenuhi
sebagian persyaratan mengikuti Ujian Nasional
NAMA :WIJANG
PRASETIYO AJI
NIS :0574
PROGRAM STUDI KEAHLIAN :TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
KOMPETENSI KEAHLIAN :TEKNIK SEPEDA MOTOR
DISAHKAN :
..........................................
DI :
..........................................
TANGGAL : ..........................................
OLEH :
..........................................
Mengetahui,
Pimpinan DUDI Pembimbing
Sugiarto Aris
Halaman pengesahan sekolah
LAPORAN HASIL PRAKTIK INDUSTRI
PERBAIKAN REM TROMOL DAN SUSPENSI DEPAN
HONDA SUPRAX 125D
DI BENGKEL FAMILY MOTOR
Jalan pandanaran no. 272 boyolali
Laporan praktek ini disusun untuk memenuhi
sebagian persyaratan mengikuti Ujian Nasional
NAMA :WIJANG
PRASETIYO AJI
NIS :0574
PROGRAM STUDI KEAHLIAN :TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
KOMPETENSI KEAHLIAN :TEKNIK SEPEDA MOTOR
DISAHKAN :
..........................................
DI :
..........................................
TANGGAL : ..........................................
OLEH :
..........................................
Kepala Program Keahlian Pembimbing
Agus Roy Handoko,S.Pd
Joko Suranto,S.Pd
NIP:198308032009021001 NIP:198311042009021003
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 1 Kaliwungu
.............................
NIP: ..................................
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
1. Sebaik baiknya manusia adalah yang berguna bagi
orang lain
2. Gapailah cita citamu setinggi bintang di langit
3. Pengalaman merupakan guru yang terbaik
PERSEMBAHAN
Hasil
laporan praktik kerja industri tahun 2011/2012 SMK Negeri 1 Kaliwungu ini
dipersembahkan kepada:
- Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kaliwungu
- Guru pembimbing yang telah memantau kami selama prakerin berlangsung.
- Orang tua dan teman-teman prakerin.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan
rahmat dan karunianya sehingga penilis dapat menyelesaikan laporan prakerin ini
di bengkel FAMILY MOTOR.
Laporan
praktik kerja industri ini diajukan sebagai syarat untuk mengikuti ujian
nasional, hal ini terlaksana dengan baik atas dukungan dan bantuan dari semua
pihak yang bersangkutan.
Atas
terselesaikanya laporan ini, penulis mengucapkan terimakasih kepada:
- Bapak kepala sekolah SMK N 1 KALIWUNGU
- Bapak Agus Roy Handoko,S.Pd selaku Kaprog TMO
- Bapak Joko Suranto, S.Pd selaku guru pembimbing
- Orang tua, dan semua pihak yang membantu tersusunya laporan ini.
Penulis
berharap laporan ini dapat diterima dan dijadikan sebagai pedoman dalam
menambah pengetahuan. Penulis memahami kekurangan pengetahuan yang ada oleh
karena itu penulis sangat mangharapkan saran dan kritik yang membangun selama
penyelesaian laporan prakerin ini.
Penyusun
Wijang Prasetiyo Aji
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .............................................................................
i
HALAMAN PENGESAHAN DUDI .....................................................
ii
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH ......................................... iii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN ................................................................. iv
KATA PENGANTAR .............................................................................
v
DAFTAR ISI .....................................................................................................
vi
BAB 1 PENDAHULUAN .............................................................................
1
A. Latar Belakang Pelaksanaan Praktik
Industri .............................
1
B. Tujuan Pelaksanaan Praktik Industri .........................................
1
C. Manfaat praktik industri .................................................................
1
BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN
PRAKERIN ............................. 2
A. Gambaran umum perusahaan ..................................................... 2
B. Uraian
kerja .............................................................................
3
C. Jadwal
kegiatan .............................................................................
3
D. Lokasi
perusahaan .............................................................................
4
BAB III PEMBAHASAN DAN TEMUAN ......................................... 5
A. KAJIAN TEORI .............................................................................
5
1.Sistim rem .............................................................................
5
2. Sistim suspensi .............................................................................
10
B. TEMUAN STUDI .............................................................................
17
1. Penggantian kanvas rem tromol
honda suprax 125D ................. 17
2. Penggantian oli shock
breaker depan honda suprax 125D .....
17
BAB IV PENUTUP .........................................................................................
19
A. Kesimpulan .............................................................................
19
B. Saran .........................................................................................
19
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................
20
LAMPIRAN
BAB 1
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Pelaksanaan Praktik Industri
Di dalam kurikulum Sekolah Menengah
Keuruan (SMK) terdapat suatu program prakerin (praktik kerja industri) yang
dilaksanakan pada semester 4 dalam jangka waktu 3 bulan.
Pelaksanaan praktik kerja industri
(prakerin) sebagai wujud kebijakan link and match, prosesnya dilaksanakan pada
2 tempat, aspek normatif dan adaptif kurikulum SMK akan dipelajari oleh peserta
didik di sekolah, sedangkan aspek produktif yang lebih di tekankan pada
orientasi pasar dilaksanakan di dunia usaha/ industri. Upaya ini dilaksanakan
dalam rangka meningkatkan mutu SMK dan tamatannya,sehingga tercapai relevansi
antara dunia pendidikan dengan lembaga yang membutuhkan tenga kerja.
B.Tujuan Pelaksanaan Praktik Industri
- Meningkatkan,memperluas dan memantapkan kompetensi siswa serta sebagai bekal untuk memasuki dunia usaha.
- Menumbuh kembangkan sikap profesional siswa sesuai dengan tuntutan dunia usaha.
- Mendorong siswa untuk berwirausaha dan berkarya di masyarakat.
- Memberi kesempatan pada siswa untuk terjun langsung dalam suasana kerja yang sebenarnya.
- Memantapkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa di dalam melaksanakan tugas.
C.Manfaat praktik industri
1. Siswa memperoleh pengalaman bekerja di
tempat prakerin
2. Sarana berlatih menerapkan kedisiplinan, tanggung
jawab, sistem manajemen waktu
3. Melatih mental siswa untuk berwirausaha
4. Menambah ilmu pengetahuan dan
mengembangkan ilmu yang didapat di sekolah
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKERIN
A. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
1
Sejarah
singkat perusahaan
Bengkel Family Motor berdiri sejak tahun
1997 yang didirikan oleh Bapak Sugiarto. Sebelum mendirikan bengkel, bapak Sugiarto adalah seorang
mekanik di bengkel AHAS dan sudah bekerja selama 12 tahun. Setelah cukup
mengetahui situasi dan kondisi bagaimana mendirikan dan menangani berbagai
macam masalah di dunia usaha perbengkelan, bapak Sugiarto memberanikan diri
untuk keluar dari pekerjaanya dan mendirikan bengkel sepeda motor. Bapak
Sugiarto memberi nama bengkel ”FAMILY MOTOR” karena yang bekerja di bengkel itu
adalah orang-orang dari keluarga sendiri.
2
Visi
dan Misi Perusahaan
Visi Perusahaan
-
Menciptakan
keluarga yang berkecukupan, dan meningkatkan taraf hidup keluarga.
Misi Perusahaan
-
Mengajak
anggota keluarga untuk bekerja di bengkel
bersama-sama
-
Melatih
ketrampilan yang dimiliki anggota keluarga di dunia perbengkelan
-
Memperbaiki
sepeda motor yang rusak sebaik-baiknya agar pelanggan puas dengan kinerja
mekanik bengkel
3
Struktur
organisasi
Kepala bengkel: Bapak Sugiarto
Kasir:
-
Tini
-
Pipit
Mekanik:
-
Ratman
-
Aris
-
Wahyu
-
Narno
-
Larno
-
Agus
-
Tumino
-
Joko
A
-
Joko
B
-
Warseno
B. URAIAN KERJA
Keseharian dalam menjalani prakerin
adalah melayani konsumen yang datang. Kegiatan yang dilakukan antara lain
adalah servis, ganti oli,
penggantian komponen, pemeriksaan dan pemeliharaan berkala pada kendaraan,
serta perbaikan komponen kendaraan yang rusak.
C. JADWAL KEGIATAN
Pukul 07.30-08.00 : Membersihkan
ruangan dan halaman bengkel
Pukul
08.00-12.00 : Jam kerja, kegiatan yang
dilakukan adalah membantu memperbaiki
kendaraan konsumen
Pukul
12.00-12.30 : Istirahat, kegiatan yang
dilakukan adalah makan siang yang telah disediakan bengkel, kemudian
sholat dzuhur
Pukul
12.30-16.00 : Jam kerja, kegiatan yang
dilakukan adalah membantu memperbaiki kendaraan
konsumen
Pukul
16.00-16.15 : Persiapan pulang ke
rumah, dan berpamitan dengan pemilik bengkel
D. LOKASI PERUSAHAAN
Lokasi bengkel FAMILY MOTOR terletak di jalan Pandanaran no. 272 Boyolali.
BAB III
PEMBAHASAN DAN TEMUAN
A. KAJIAN TEORI
1. SISTEM REM
a. Pengertian
Rem merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang mempunyai peran yang
sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara sepeda motor. Rem
adalah salah satu bagian kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan
atau menghentikan kendaraan melalui gesekan antara sepatu rem dengan tromol
dengan mekanisme tertentu.
b. Prinsip sistem
pengereman
Prinsip sistem pengereman adalah perubahan energi kinetik menjadi energi panas dalam bentuk gesekan panas.
c. Macam-macam Rem
Ada dua macam sistim pengereman
pada sepeda motor , yaitu :
1) Tipe drum
(tromol).
2) Tipe disk
(cakram).
Kedua-duanya
berputar bersama-sama roda. Masing-masing dilambatkan oleh gesekan rem atau pad
yang menekannya.
1) Rem Tromol
Rem tromol digunakan pada kendaraan tipe
terdahulu, tetapi biasanya juga digunakan untuk rem bagian belakang kendaraan.
Rem tromol terdiri dari komponen rumah rem / drum dan kampas rem, cara kerja
rem tromol adalah rem bekerja atas dasar gesekan antara sepatu rem dengan drum
yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan. Agar gesekan dapat
memperlambat kendaraan dengan baik, sepatu rem dibuat dari bahan yang mempunyai
koefisien gesek yang tinggi.
a) Prinsip kerja rem tromol
1) Single leading shoe
type(Leading-Trailing Shoe Type)
Tenaga
pengereman dari pedal atau handle dialirkan ke bubungan rem melalui kabel atau
batang rem. Bubungan (seperti pada gambar.21) akan menggerakan sepatu (shoe)
rem, yang selanjutnya bergesekan dengan drum, untuk memperlambat putaran drum
yang berhubungan dengan roda. Sehingga putaran roda akan diperlambat.
Dengan Konstruksi/posisi shoe (sepatu)
yang demikian, maka leading shoe menghasilkan gaya yang lebih besar daripada
trailing shoe. Kenaikan gaya pada leading shoe ini
yang disebut “SELF ENERGIZING”.
2) Dual leading shoe type
Perbedaan dengan "Single Leading Shoe" adalah pads tipe ini
memakai dua buah "Bubungan rem". Dengan gaya yang
sama dari pedal atau handel rem, tipe ini akan memberikan gaya pengereman yang
lebih besar.
Karena sistim ini menghasilkan gesekan
yang paling penting pads komponenkomponen . rem maka diperlukan meterial yang
dapat menyalurkan panas dengan cepat. Aluminium alloy adalah material yang
mempunyai konduktivitas panas yang tinggi. Dan jugs sirip-sirip pendingninan (Cooling fins) pads hub
dipergunakan untuk mempercepat proses pendinginan.
b) Pemeriksaan
rem tromol
1)
Tromol rem
-
Periksa tromol rem terhadap kerusakan, dan ganti
jika diperlukan.
-
Ukur diameter dalam tromol rem pada permukaan
lining pada beberapa tempat dan
dapatkan ukuran terbesar.
Batas Servis :
Astrea, WIN, GLK = 111 mm
GL Pro, Tiger =
131 mm
Catatan :
Jika tromol rem
berkarat, bersihkan dengan amplas #120.
Memakai jangka
sorong untuk mengukur diameter dalam tromol. (gambar.23).
2)
Ketebalan brake lining
-
Ukur brake lining pada tiga titik (keduanya diujung
dan ditengah-tengah)
-
Ganti sepatu rem sepasang jika ukurannya lebih
kecil dari batas service yang diijinkan atau jika kena grease (gemuk).
Batas Service =
1.0 mm.
c) Kelebihan dan kekurangan rem tromol
-
Kelebihan rem tromol
Rem tromol digunakan untuk kendaraan
yang memerlukan kerja ekstra dalam pengereman
-
Kekurangan rem tromol
Rem tromol yang masih menerapkan sistem
tertutup dalam prosesnya. Dengan sistem ini membuat partikel kotoran pada
ruang tromol tersebut. Jadi untuk perawatan membersihkannya harus membuka roda
agar rumah rem dapat dibersihkan dari debu kotoran
Pada saat banjir air akan mengumpul pada
ruang tromol sehingga air akan menyulitkan sistem rem untuk bekerja, jadi
setelah rem tromol menerjang banjir, maka harus mengeringkannya dengan
menginjak setengah rem saat melaju sehingga bagian dalam rem tromol kering
karena panas akibat gesekan, setelah itu rem dapat digunakan kembali.
2) Rem Cakram
Rem cakram menjadi salah satu sistem
pengereman modern terbaik pada sepeda motor dan sangat ideal untuk diterapkan
pada tiap sepeda motor, terutama yang telah memakai mesin berkapasitas CC
besar. Sistem kerja rem cakram adalah dengan menjepit cakram yang biasanya
dipasangkan pada roda kendaraan, melalui caliper yang digerakkan oleh piston
untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.
a) Prinsip kerja rem cakram
Tekanan yang dipakai melawan handel rem
atau pedal akan menggerakan piston di dalam master silinder unit. Tekanan
Hydraulic fluida selanjutnya dialirkan melalui saluran (pipa) untuk menekan
piston capiler.
Piston capiler akan kontak langsung
dengan sisi belakang kanvas rem. Anti sequeal shims (plat tipis) akan mengatur
posisi normal antara piston dan kanvas rem. Pada saat yang bersamaan, kanvas
rem pada sisi yang berlawanan menekan rem, sehingga putaran roda diperlambat.
(gambar 27).
Pada waktu handel rem dilepas, tekanan
hydraulic menurun dan pad tekanannya berkurang pada disk (cakram).
Minyak rem, piston master dan piston
caliper kembali seperti semula oleh tekanan pegas di piston master dan sil di
piston caliper. (gambar 28).
Ada "single push" caliper,
kedua pad menekan disk melalui reaksi "sliding caliper yoke". Caliper
tipe ini banyak dipakai pada honda. Model terbaru memakai single push dengan
dua piston.
b) kelebihan dan
kekurangan rem cakram
- kelebihan
Rem Cakram
Rem cakram dapat digunakan dari berbagai
suhu, sehingga hampir semua kendaraan menerapkan sistem rem cakram sebagai
andalannya. Selain itu rem cakram tahan terhadap genangan air sehingga pada
kendaraan yang telah menggunakan rem cakram dapat menerjang banjir.
Kemudian
rem cakram memiliki sistem rem yang berpendingin di luar (terbuka) sehingga
pendinginan dapat dilakukan pada saat mobil melaju, ada beberapa cakram yang
juga dilengkapi oleh ventilasi (ventilated disk) atau cakram yang memiliki
lubang sehingga pendinginan rem lebih maksimal digunakan.
Kegunaan rem cakram banyak dipergunakan
pada roda depan kendaraan karena gaya dorong untuk berhenti pada bagian depan
kendaraan lebih besar dibandingkan di belakang sehingga membutuhkan pengereman
yang lebih pada bagian depan
- Kekurangan
Rem Cakram
Rem cakram yang sifatnya terbuka
memudahkan debu dan lumpur menempel, lama kelamaan lumpur / kotoran tersebut
dapat menghambat kinerja pengereman sampai merusak komponen pada bagian caliper
seperti piston bila dibiarkan lama. Oleh sebab itu perlu dilakukan pembersihan
sesering mungkin. Tapi gak sulit kok, lagipula bila anda biasa beredar di
wilayah perkotaan, kendala seperti ini tidak perlu dikhawatirkan.
2. SISTEM SUSPENSI
a. Pengertian
Sistem suspensi dirancang untuk menahan
getaran akibat benturan roda dengan kondisi jalan. Selain itu, sistem
suspensi diharapkan mampu untuk membuat "lembut" saat sepeda
motor menikung, sehingga mudah dikendalikan. Dengan sistem suspensi juga, getaran
akibat kerja mesin dapat diredam. Semua peran dan kegunaan sistem suspensi
tadi, pada akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa dengan bekerjanya
sistem suspensi, pada dasarnya adalah agar diperoleh kenyamanan dalam
berkendara sepeda motor. Dengan demikian, gangguan pada sistem suspensi
akan berpengaruh langsung apada kenyamanan berkendara.
b. Macam-macam suspensi
Suspensi pada sepeda motor biasanya
bersatu dengan garpu (fork), baik untuk bagian depan maupun bagian
belakang. Tetapi ada juga sebagian motor, suspensi belakang bukan
sekaligus sebagai garpu belakang dan biasanya disebut sebagai monoshock
(peredam kejut tunggal).
1) Suspensi Bagian Depan (Front Suspension)
Suspensi depan yang terdapat pada sepeda motor
pada umumnya terbagi dua, yaitu:
a) Garpu batang bawah (bottom link fork);
jenis ini biasanya dipasang pada sepeda motor bebek model lama, vespa
atau scooter.
b) Garpu teleskopik (telescopic fork);
merupakan jenis suspensi yang paling banyak digunakan pada sepeda motor.
Suspensi teleskopik terdiri dari dua
garpu (fork) yang dijepitkan pada steering yoke.
Garpu teleskopik menggunakan penahan
getaran pegas dan oli (minyak pelumas) garpu. Pegas menampung getaran dad
benturan roda dengan permukaan jalan dan oli garpu mencegah getaran
diteruskan ke batang kemudi.
Garpu depan dari sistem kemudi (yang
termasuk kedalam suspensi depan) fungsinya untuk menopang goncangan jalan
melalui roda depan dan berat mesin serta penumpang. Oleh karenanya
garpu depan harus mempunyai kekuatan, kekerasan yang tinggi, selain
caster dan trail (kesejajaran roda depan) yang berpengaruh besar
pada kestabilan mesin.
Caster adalah sudut yang
dibentuk pada pertemuan garis pipa Steering Head dan garis vertical
melalui pusat As roda depan, sudutnya antara 200 -300. Sementara trail
merupakan jarak antara pertemuan garis vertical melalui pusat as roda depan
dengan tanah dan pertemuan garis melalui pipa steering head dengan tanah,
jaraknya antara 60 – 100 mm.
Caster dan trail harus ditentukan dengan
memperhitungkan tujuan dan sifat-sifat sepeda motor dan
suspensinya. Sedangkan garpu dengan batang bawah mengandalkan
kerja pegas, karet penahan, dan lengan ungkit untuk menahan getaran
akibat benturan roda dan permukaan jalan.
2) Suspensi Bagian Belakang (Rear suspension)
Generasi awal suspensi
belakang pada sepeda motor adalah jenis plunger unit. Tipe ini tidak mampu
mengontrol dengan nyaman roda belakang. Tidak seperti suspensi depan,
suspensi belakang tidak mempunyai sistem steering (kemudi). Sistem ini hanya
menopang roda belakang dan menahan goncangan akibat permukaan kondisi
jalan.
Tipe suspensi belakang saat
ini yang banyak digunakan adalah:
a)
Tipe Swing Arm
b)
Tipe Unit Swing
Konstruksi suspensi tipe
swing arm adalah dua buah lengan yang digantung pada rangka dan ujung
yanga lain dari suspensi tersebut menopang roda belakang. Rancangan
suspensi belakang tipe swing arm ditunjukkan oleh gambar 10.6 berikut.
Cushion
unit/shock absorber (peredam kejut) diletakkan antara ujung belakang dari
lengan dan rangka (frame)
Getaran pada sepeda motor
yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata perlu diredam untuk
mengurangi kejutan-kejutan akibat gerak pegas. Komponen yang berfungsi
sebagai peredam kejut tersebut adalah sok breker. Oleh sok breker gerak
ayun naik turun badan sepeda motor diperlambat sehingga menjadi lembut dan
tidak mengejut. Itulah sebabnya sok
breker disebut juga sebagai peredam kejut.
c. komponen sistem suspensi
Sok
breker terdiri atas sebuah tabung yang berisi oli. Di dalam tabung
tersebut terdapat sebuah katup yang berfungsi untuk mengatur aliran oli.
Perlambatan gerak ayun badan sepeda motor terjadi karena aliran oli di
dalam tabung sok breker terhambat oleh katup. Hal ini disebabkan karena
lubang katup yang sempit. Jika jumlah oli dalam tabung kurang maka kerja
sok breker menjadi tidak baik. Dalam hal ini sok breker tidak bisa meredam
kejutan. Apabila kerja sok breker sudah tidak baik maka sebaiknya sok
breker tersebut diganti. Penggantian sok breker dianjurkan sepasang
sekaligus meskipun sok breker yang satunya tidak rusak. Hal ini dimaksudkan
untuk menyamakan tekanan sehingga sepeda motor tetap seimbang, tidak
seperti berat sebelah/miring. Untuk menentukan apakah sok breker bekerja
dengan baik atau tidak bukanlah hal yang sulit. Biasanya sepeda motor yang
sok brekernya sudah rusak menjadi tidak enak dikendarai.
Kerusakan sok breker umumnya disebabkan
oleh kebocoran oli. Hal ini bisa dilihat pada tabung sok brekernya. Jika tabung
sok breker selalu basah oleh rembesan oli maka hal itu berarti sok breker
telah bocor. Sok breker harus diganti jika sudah tidak baik kerjanya.
d. Pemeriksaan dan perawatan:
Pemerksaan dan perawatan sistem suspensi sepeda motor adalah sebagai berikut:
a) Jika selama sepeda motor dikendarai dan
kadang sepeda motor oleng kesalah satu sisi tanpa sebab yang jelas maka
ada kemungkinan salah satu dari sok brekernya rusak.
Periksalah keadaan sok brekernya. Jika terdapat rembesan oli
pada tabungnya maka hal itu berarti bahwa sok breker bocor
sehingga tekanannya tidak sama. Kedua sok breker harus diganti.
b) Jika selama sepeda motor dikendarai
pemegasannya terasa tidak nyaman tetapi tekanan ban normal, tidak terlalu
keras, mungkin disebabkan oleh sok brekernya yang tidak bekerja.
Periksa semua sok brekernya. Jika salah satu sok breker rusak,
ganti keduanya. Untuk pemeriksaan sok breker, tekanlah sepeda
motor tersebut ke bawah dan kemudian lepaskan tekanan tersebut secara
mendadak. Jika sepeda motor melenting dengan cepat bagian badannya dan
berayun-ayun maka kemungkinan besar sok brekernya sudah tidak bekerja. Sok
breker sepeda motor tersebut harus diganti.
c)
Periksa
keadaan pegas suspensinya. Ukur panjang pegas dalam keadaan pegas
terlepas. Jika panjang pegas melebihi ketentuan, pegas harus
diganti.
Kontruksi tipe unit swing adalah mesin
itu sendiri yang bereaksi seperti lengan yang berayun. Jadi mesin tersebut
yang berayun. Umumnya suspensi tipe unit swing dipakai pada sepeda motor
yang mempunyai penggerak akhirnya (final drive) memakai sistem
poros penggerak.
B. TEMUAN STUDI
1
PENGGANTIAN KANVAS REM TROMOL
HONDA SUPRAX 125D
- Lepaskan baut pengunci roda, baut penyetel rem, dan baut as
- Lepaskan as roda, sehingga roda terlepas
- Ambil bagian backplate rem dan lepaskan sepatu rem dari backplatenya
- Berikan grease pada pegas rem dan bagian yang bersinggungan dengan sepatu rem(cam dan penahan )
- Pasanglah sepatu rem baru
- pasanglah roda kembali
ket: Kanvas rem menempel pada sepatu
rem, jadi setiap mengganti kanvas rem juga mengganti sepatu rem.
2
PENGGANTIAN OLI SHOCK BREAKER
DEPAN HONDA SUPRAX 125D
- Lepaskan baut as, dan as roda
- Lepaskan baut pengunci kaliper rem, dan semua baut yang terikat pada sistem suspensi
- Lepaskan baut pengunci suspensi
- lepaskan suspensi dari dudukanya
- Lepaskan tutup suspensi dengan cara menekanya dengan obeng lalu melepas pengunci tutup suspensi dengan menggunakan obeng standar
- bersihkan tabung suspensi dan pegasnya dari sisa oli dengan menggunakan bensin
- Kemudian keringkan tabung dan pegas suspensi
- Isikan oli shock breaker dengan volume tertentu ke dalam tabung yang berisi pegas
- Pasang tutup suspensi dan penguncinya
- Pasang semua bagian yang di lepas diatas
- Pasanglah roda dan kencangkan
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian
di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
- Rem adalah salah satu bagian kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan dengan memanfaatkan gaya gesek
- Rem dibagi menjadi dua macam yaitu rem tromol dan rem cakram
- Rem belakang HONDA SUPRAX 125D berjenis rem tromol
- Sistem suspensi dirancang untuk menahan getaran akibat benturan roda dengan kondisi jalan.
- Suspensi depan terbagi menjadi dua macam yaitu garpu batang bawah dan garpu teleskopik
- Suspensi belakang terbagi menjadi dua macam yaitu tipe swing arm dan unit swing
- Suspensi depan HONDA SUPRAX 125D bertipe garpu teleskopik
B. Saran
- Saran untuk sekolah
a. Hendaknya guru pembimbing lebih banyak
melakukan survei ke tempat industri agar dapat memantau siswa prakerin
b. Hendaknya pihak sekolah memberi sanksi
tegas bagi siswa yang melanggar peraturan prakerin
c. Hendaknya pihak sekolah lebih meningkatkan
pengarahan kepada siswa prakerin
- Saran untuk perusahaan
a. Hendaknya perusahaan dapat mempercayai
kinerja siswa yang melakukan praktek industri
b. Hendaknya perusahaan lebih meningkatkan
arahan kepada siswa prakerin
DAFTAR PUSTAKA
-
Teknik
sepeda motor jilid 1,2,3
-
http://fahrurrozi-teknologi.blogspot.com/2010/12/rem-sepeda-motor.html
-
http://sadrihidayat.blogspot.com/
-
http://cahyoadjah.blogspot.com/2009/05/suspensi.html