Minggu, 02 September 2012

laporan rem suspensi

LAPORAN HASIL PRAKTIK INDUSTRI
PERBAIKAN REM TROMOL DAN SUSPENSI DEPAN
HONDA SUPRAX 125D
DI BENGKEL FAMILY MOTOR
Jalan pandanaran no. 272 boyolali
Laporan praktek ini disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan mengikuti Ujian Nasional

DISUSUN OLEH
NAMA                                                :WIJANG PRASETIYO AJI
NIS                                                     :0574
PROGRAM STUDI KEAHLIAN    :TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
KOMPETENSI KEAHLIAN                        :TEKNIK SEPEDA MOTOR




SMK NEGERI 1 KALIWUNGU KABUPATEN SEMARANG
TAHUN 2012


Halaman pengesahan DUDI

LAPORAN HASIL PRAKTIK INDUSTRI
PERBAIKAN REM TROMOL DAN SUSPENSI DEPAN
HONDA SUPRAX 125D
DI BENGKEL FAMILY MOTOR
Jalan pandanaran no. 272 boyolali
Laporan praktek ini disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan mengikuti Ujian Nasional

NAMA                                                :WIJANG PRASETIYO AJI
NIS                                                     :0574
PROGRAM STUDI KEAHLIAN    :TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
KOMPETENSI KEAHLIAN                        :TEKNIK SEPEDA MOTOR
DISAHKAN                                      : ..........................................
DI                                                        : ..........................................
TANGGAL                                        : ..........................................
OLEH                                                 : ..........................................


Mengetahui,                                                               
Pimpinan DUDI                                                                            Pembimbing
                                                                                                           

                                                                       
     Sugiarto                                                                                          Aris                                        




Halaman pengesahan sekolah

LAPORAN HASIL PRAKTIK INDUSTRI
PERBAIKAN REM TROMOL DAN SUSPENSI DEPAN
HONDA SUPRAX 125D
DI BENGKEL FAMILY MOTOR
Jalan pandanaran no. 272 boyolali
Laporan praktek ini disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan mengikuti Ujian Nasional

NAMA                                                :WIJANG PRASETIYO AJI
NIS                                                     :0574
PROGRAM STUDI KEAHLIAN    :TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
KOMPETENSI KEAHLIAN                        :TEKNIK SEPEDA MOTOR
DISAHKAN                                      : ..........................................
DI                                                        : ..........................................
TANGGAL                                        : ..........................................
OLEH                                                 : ..........................................

        Kepala Program Keahlian                                                    Pembimbing


        Agus Roy Handoko,S.Pd                                                 Joko Suranto,S.Pd
       NIP:198308032009021001                                      NIP:198311042009021003

Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 1 Kaliwungu


.............................
NIP: ..................................

MOTTO DAN PERSEMBAHAN

MOTTO
1. Sebaik baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain
2. Gapailah cita citamu setinggi bintang di langit
3. Pengalaman merupakan guru yang terbaik


PERSEMBAHAN
       Hasil laporan praktik kerja industri tahun 2011/2012 SMK Negeri 1 Kaliwungu ini dipersembahkan kepada:
  1. Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kaliwungu
  2. Guru pembimbing yang telah memantau kami selama prakerin berlangsung.
  3. Orang tua dan teman-teman prakerin.

KATA PENGANTAR

       Puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga penilis dapat menyelesaikan laporan prakerin ini di bengkel FAMILY MOTOR.
       Laporan praktik kerja industri ini diajukan sebagai syarat untuk mengikuti ujian nasional, hal ini terlaksana dengan baik atas dukungan dan bantuan dari semua pihak yang bersangkutan.
       Atas terselesaikanya laporan ini, penulis mengucapkan terimakasih kepada:
  1. Bapak kepala sekolah SMK N 1 KALIWUNGU
  2. Bapak Agus Roy Handoko,S.Pd selaku Kaprog TMO
  3. Bapak Joko Suranto, S.Pd selaku guru pembimbing
  4. Orang tua, dan semua pihak yang membantu tersusunya laporan ini.
       Penulis berharap laporan ini dapat diterima dan dijadikan sebagai pedoman dalam menambah pengetahuan. Penulis memahami kekurangan pengetahuan yang ada oleh karena itu penulis sangat mangharapkan saran dan kritik yang membangun selama penyelesaian laporan prakerin ini.


                                                                                                                                                                       Penyusun 




Wijang Prasetiyo Aji





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL                        ............................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN DUDI          ..................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH             ......................................... iii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN  ................................................................. iv
KATA PENGANTAR         ............................................................................. v
DAFTAR ISI ..................................................................................................... vi
BAB 1 PENDAHULUAN    ............................................................................. 1
A.    Latar Belakang Pelaksanaan Praktik Industri       ............................. 1
B.     Tujuan Pelaksanaan Praktik Industri        ......................................... 1
C.     Manfaat praktik industri   ................................................................. 1
BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKERIN      ............................. 2
A. Gambaran umum perusahaan         ..................................................... 2
B.  Uraian kerja           ............................................................................. 3
C.  Jadwal kegiatan     ............................................................................. 3
D.  Lokasi perusahaan ............................................................................. 4
BAB III PEMBAHASAN DAN TEMUAN                       ......................................... 5
A. KAJIAN TEORI   ............................................................................. 5
1.Sistim rem             ............................................................................. 5
2. Sistim suspensi     ............................................................................. 10
B. TEMUAN STUDI ............................................................................. 17
1. Penggantian kanvas rem tromol honda suprax 125D      ................. 17
2. Penggantian oli shock breaker depan honda suprax 125D          ..... 17
BAB IV PENUTUP  ......................................................................................... 19
A. Kesimpulan            ............................................................................. 19
B. Saran          ......................................................................................... 19
DAFTAR PUSTAKA          ............................................................................. 20
LAMPIRAN










BAB 1
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Pelaksanaan Praktik Industri
       Di dalam kurikulum Sekolah Menengah Keuruan (SMK) terdapat suatu program prakerin (praktik kerja industri) yang dilaksanakan pada semester 4 dalam jangka waktu 3 bulan.
       Pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin) sebagai wujud kebijakan link and match, prosesnya dilaksanakan pada 2 tempat, aspek normatif dan adaptif kurikulum SMK akan dipelajari oleh peserta didik di sekolah, sedangkan aspek produktif yang lebih di tekankan pada orientasi pasar dilaksanakan di dunia usaha/ industri. Upaya ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu SMK dan tamatannya,sehingga tercapai relevansi antara dunia pendidikan dengan lembaga yang membutuhkan tenga kerja.
B.Tujuan Pelaksanaan Praktik Industri
  1. Meningkatkan,memperluas dan memantapkan kompetensi siswa serta sebagai bekal untuk memasuki dunia usaha. 
  2. Menumbuh kembangkan sikap profesional siswa sesuai dengan tuntutan dunia usaha.
  3. Mendorong siswa untuk berwirausaha dan berkarya di masyarakat.
  4. Memberi kesempatan pada siswa untuk terjun langsung dalam suasana kerja yang sebenarnya.
  5. Memantapkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa di dalam melaksanakan tugas.
C.Manfaat praktik industri
1.      Siswa memperoleh pengalaman bekerja di tempat prakerin
2.      Sarana berlatih menerapkan kedisiplinan, tanggung jawab, sistem manajemen waktu
3.      Melatih mental siswa untuk berwirausaha
4.      Menambah ilmu pengetahuan dan mengembangkan ilmu yang didapat di sekolah
BAB II

PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKERIN

A. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
1        Sejarah singkat perusahaan
       Bengkel Family Motor berdiri sejak tahun 1997 yang didirikan oleh Bapak Sugiarto. Sebelum mendirikan bengkel, bapak Sugiarto adalah seorang mekanik di bengkel AHAS dan sudah bekerja selama 12 tahun. Setelah cukup mengetahui situasi dan kondisi bagaimana mendirikan dan menangani berbagai macam masalah di dunia usaha perbengkelan, bapak Sugiarto memberanikan diri untuk keluar dari pekerjaanya dan mendirikan bengkel sepeda motor. Bapak Sugiarto memberi nama bengkel ”FAMILY MOTOR” karena yang bekerja di bengkel itu adalah orang-orang dari keluarga sendiri.
2        Visi dan Misi Perusahaan
Visi Perusahaan
- Menciptakan keluarga yang berkecukupan, dan meningkatkan taraf hidup keluarga.
Misi Perusahaan
- Mengajak anggota keluarga untuk bekerja di bengkel  bersama-sama
- Melatih ketrampilan yang dimiliki anggota keluarga di dunia perbengkelan
- Memperbaiki sepeda motor yang rusak sebaik-baiknya agar pelanggan puas dengan kinerja mekanik bengkel
3        Struktur organisasi
Kepala bengkel: Bapak Sugiarto
Kasir:
-    Tini
-    Pipit
Mekanik:
-    Ratman
-    Aris
-    Wahyu
-    Narno
-    Larno
-    Agus
-    Tumino
-    Joko A
-    Joko B
-    Warseno
B. URAIAN KERJA
       Keseharian dalam menjalani prakerin adalah melayani konsumen yang datang. Kegiatan yang dilakukan antara lain adalah servis, ganti oli, penggantian komponen, pemeriksaan dan pemeliharaan berkala pada kendaraan, serta perbaikan komponen kendaraan yang rusak.


C. JADWAL KEGIATAN
Pukul 07.30-08.00     :  Membersihkan ruangan dan halaman bengkel
Pukul 08.00-12.00     : Jam kerja, kegiatan yang dilakukan adalah membantu         memperbaiki kendaraan konsumen
Pukul 12.00-12.30     : Istirahat, kegiatan yang dilakukan adalah makan siang    yang telah disediakan bengkel, kemudian sholat dzuhur
Pukul 12.30-16.00     : Jam kerja, kegiatan yang dilakukan adalah membantu     memperbaiki kendaraan konsumen
Pukul 16.00-16.15     : Persiapan pulang ke rumah, dan berpamitan dengan     pemilik bengkel






D. LOKASI PERUSAHAAN
       Lokasi bengkel FAMILY MOTOR terletak di jalan Pandanaran no. 272 Boyolali.


























BAB III
PEMBAHASAN DAN TEMUAN
A. KAJIAN TEORI
1. SISTEM REM
a. Pengertian
       Rem merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang mempunyai peran yang sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara sepeda motor. Rem adalah salah satu bagian kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan melalui gesekan antara sepatu rem dengan tromol dengan mekanisme tertentu.
b. Prinsip sistem pengereman
       Prinsip sistem pengereman adalah perubahan energi kinetik menjadi energi panas dalam bentuk gesekan panas.
c. Macam-macam Rem
       Ada dua macam sistim pengereman pada sepeda motor , yaitu :
1) Tipe drum (tromol).
2) Tipe disk (cakram).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEGNdIeXd3YrhZS-xC-fBCIZ6bXeQ21Klz89AhfV43Qvl7ONw48be4MHFyAni5RxFbLMzA19Cwr6Mmz687lEze4zRfaoghZbY94eV7eT7owLabJ7f3o2BeLfkarnqv4nRTKgYTn2lu_T0x/s400/rem+cakram+%26+tromol.jpgKedua-duanya berputar bersama-sama roda. Masing-masing dilambatkan oleh gesekan rem atau pad yang menekannya.




 1) Rem Tromol
       Rem tromol digunakan pada kendaraan tipe terdahulu, tetapi biasanya juga digunakan untuk rem bagian belakang kendaraan. Rem tromol terdiri dari komponen rumah rem / drum dan kampas rem, cara kerja rem tromol adalah rem bekerja atas dasar gesekan antara sepatu rem dengan drum yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan. Agar gesekan dapat memperlambat kendaraan dengan baik, sepatu rem dibuat dari bahan yang mempunyai koefisien gesek yang tinggi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizMEyWzKtLXTJxV32G3wtDn-Gh5F7SLabsaDUCBhS7QouowkmtuHPryjPZEWuM7g3Fu0AcV_in-9d7eeugKe_-B7UYjHrkn-zMBE3lVqwM0BW9qm0rQIobrVZxI-urZCvt4uWeFVziAx9l/s1600/images.jpeg








a) Prinsip kerja rem tromol
1)      Single leading shoe type(Leading-Trailing Shoe Type)
       Tenaga pengereman dari pedal atau handle dialirkan ke bubungan rem melalui kabel atau batang rem. Bubungan (seperti pada gambar.21) akan menggerakan sepatu (shoe) rem, yang selanjutnya bergesekan dengan drum, untuk memperlambat putaran drum yang berhubungan dengan roda. Sehingga putaran roda akan diperlambat.
       Dengan Konstruksi/posisi shoe (sepatu) yang demikian, maka leading shoe menghasilkan gaya yang lebih besar daripada trailing shoe. Kenaikan gaya pada leading shoe ini yang disebut “SELF ENERGIZING”.
2)       Dual leading shoe type
       Perbedaan dengan "Single Leading Shoe" adalah pads tipe ini memakai dua buah "Bubungan rem". Dengan gaya yang sama dari pedal atau handel rem, tipe ini akan memberikan gaya pengereman yang lebih besar.
       Karena sistim ini menghasilkan gesekan yang paling penting pads komponen­komponen . rem maka diperlukan meterial yang dapat menyalurkan panas dengan cepat. Aluminium alloy adalah material yang mempunyai konduktivitas panas yang tinggi. Dan jugs sirip-sirip pendingninan (Cooling fins) pads hub dipergunakan untuk mempercepat proses pendinginan.
b) Pemeriksaan rem tromol
1)     Tromol rem
-       Periksa tromol rem terhadap kerusakan, dan ganti jika diperlukan.
-       Ukur diameter dalam tromol rem pada permukaan lining pada beberapa   tempat dan dapatkan ukuran terbesar.
Batas Servis :
Astrea, WIN, GLK = 111 mm
GL Pro, Tiger = 131 mm
Catatan :
Jika tromol rem berkarat, bersihkan dengan amplas #120.
Memakai jangka sorong untuk mengukur diameter dalam tromol. (gambar.23).
2)     Ketebalan brake lining
-       Ukur brake lining pada tiga titik (keduanya diujung dan ditengah-tengah)
-       Ganti sepatu rem sepasang jika ukurannya lebih kecil dari batas service yang diijinkan atau jika kena grease (gemuk).
Batas Service = 1.0 mm.
c) Kelebihan  dan kekurangan rem tromol
-       Kelebihan rem tromol
       Rem tromol digunakan untuk kendaraan yang memerlukan kerja ekstra dalam pengereman
-       Kekurangan rem tromol
       Rem tromol yang masih menerapkan sistem tertutup dalam prosesnya. Dengan sistem ini membuat partikel kotoran pada ruang tromol tersebut. Jadi untuk perawatan membersihkannya harus membuka roda agar rumah rem dapat dibersihkan dari debu kotoran
       Pada saat banjir air akan mengumpul pada ruang tromol sehingga air akan menyulitkan sistem rem untuk bekerja, jadi setelah rem tromol menerjang banjir, maka harus mengeringkannya dengan menginjak setengah rem saat melaju sehingga bagian dalam rem tromol kering karena panas akibat gesekan, setelah itu rem dapat digunakan kembali.

2) Rem Cakram
       Rem cakram menjadi salah satu sistem pengereman modern terbaik pada sepeda motor dan sangat ideal untuk diterapkan pada tiap sepeda motor, terutama yang telah memakai mesin berkapasitas CC besar. Sistem kerja rem cakram adalah dengan menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan, melalui caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.
a)  Prinsip kerja rem cakram
       Tekanan yang dipakai melawan handel rem atau pedal akan menggerakan piston di dalam master silinder unit. Tekanan Hydraulic fluida selanjutnya dialirkan melalui saluran (pipa) untuk menekan piston capiler.
       Piston capiler akan kontak langsung dengan sisi belakang kanvas rem. Anti sequeal shims (plat tipis) akan mengatur posisi normal antara piston dan kanvas rem. Pada saat yang bersamaan, kanvas rem pada sisi yang berlawanan menekan rem, sehingga putaran roda diperlambat. (gambar 27).
       Pada waktu handel rem dilepas, tekanan hydraulic menurun dan pad tekanannya berkurang pada disk (cakram).
       Minyak rem, piston master dan piston caliper kembali seperti semula oleh tekanan pegas di piston master dan sil di piston caliper. (gambar 28).
       Ada "single push" caliper, kedua pad menekan disk melalui reaksi "sliding caliper yoke". Caliper tipe ini banyak dipakai pada honda. Model terbaru memakai single push dengan dua piston.
b) kelebihan dan kekurangan rem cakram
-    kelebihan Rem Cakram
       Rem cakram dapat digunakan dari berbagai suhu, sehingga hampir semua kendaraan menerapkan sistem rem cakram sebagai andalannya. Selain itu rem cakram tahan terhadap genangan air sehingga pada kendaraan yang telah menggunakan rem cakram dapat menerjang banjir.
       Kemudian rem cakram memiliki sistem rem yang berpendingin di luar (terbuka) sehingga pendinginan dapat dilakukan pada saat mobil melaju, ada beberapa cakram yang juga dilengkapi oleh ventilasi (ventilated disk) atau cakram yang memiliki lubang sehingga pendinginan rem lebih maksimal digunakan.
       Kegunaan rem cakram banyak dipergunakan pada roda depan kendaraan karena gaya dorong untuk berhenti pada bagian depan kendaraan lebih besar dibandingkan di belakang sehingga membutuhkan pengereman yang lebih pada bagian depan
-    Kekurangan Rem Cakram
       Rem cakram yang sifatnya terbuka memudahkan debu dan lumpur menempel, lama kelamaan lumpur / kotoran tersebut dapat menghambat kinerja pengereman sampai merusak komponen pada bagian caliper seperti piston bila dibiarkan lama. Oleh sebab itu perlu dilakukan pembersihan sesering mungkin. Tapi gak sulit kok, lagipula bila anda biasa beredar di wilayah perkotaan, kendala seperti ini tidak perlu dikhawatirkan.
2. SISTEM SUSPENSI
a. Pengertian
       Sistem suspensi dirancang untuk menahan getaran akibat benturan roda dengan kondisi jalan. Selain itu, sistem suspensi diharapkan mampu untuk membuat "lembut" saat sepeda motor menikung, sehingga mudah dikendalikan. Dengan sistem suspensi juga, getaran akibat kerja mesin dapat diredam. Semua peran dan kegunaan sistem suspensi tadi, pada akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa dengan bekerjanya sistem suspensi, pada dasarnya adalah agar diperoleh kenyamanan dalam berkendara sepeda motor. Dengan demikian, gangguan pada sistem suspensi akan berpengaruh langsung apada kenyamanan berkendara.
b. Macam-macam suspensi
       Suspensi pada sepeda motor biasanya bersatu dengan garpu (fork), baik untuk bagian depan maupun bagian belakang. Tetapi ada juga sebagian motor, suspensi belakang bukan sekaligus sebagai garpu belakang dan biasanya disebut sebagai monoshock (peredam kejut tunggal).
1) Suspensi Bagian Depan (Front Suspension)
       Suspensi depan yang terdapat pada sepeda motor pada umumnya terbagi dua, yaitu:
a) Garpu batang bawah (bottom link fork); jenis ini biasanya dipasang pada sepeda motor bebek model lama, vespa atau scooter.
b) Garpu teleskopik (telescopic fork); merupakan jenis suspensi yang paling banyak digunakan pada sepeda motor.
       Suspensi teleskopik terdiri dari dua garpu (fork) yang dijepitkan pada steering yoke.
http://www.crayonpedia.org/wiki/images/8/8c/Gun574.jpg
       Garpu teleskopik menggunakan penahan getaran pegas dan oli (minyak pelumas) garpu. Pegas menampung getaran dad benturan roda dengan permukaan jalan dan oli garpu mencegah getaran diteruskan ke batang kemudi.
       Garpu depan dari sistem kemudi (yang termasuk kedalam suspensi depan) fungsinya untuk menopang goncangan jalan melalui roda depan dan berat mesin serta penumpang. Oleh karenanya garpu depan harus mempunyai kekuatan, kekerasan yang tinggi, selain caster dan trail (kesejajaran roda depan) yang berpengaruh besar pada kestabilan mesin.
http://www.crayonpedia.org/wiki/images/6/6f/Gun575.jpg
       Caster adalah sudut yang dibentuk pada pertemuan garis pipa Steering Head dan garis vertical melalui pusat As roda depan, sudutnya antara 200 -300. Sementara trail merupakan jarak antara pertemuan garis vertical melalui pusat as roda depan dengan tanah dan pertemuan garis melalui pipa steering head dengan tanah, jaraknya antara 60 – 100 mm.
       Caster dan trail harus ditentukan dengan memperhitungkan tujuan dan sifat-sifat sepeda motor dan suspensinya. Sedangkan garpu dengan batang bawah mengandalkan kerja pegas, karet penahan, dan lengan ungkit untuk menahan getaran akibat benturan roda dan permukaan jalan.
http://www.crayonpedia.org/wiki/images/9/99/Gun576.jpg
2) Suspensi Bagian Belakang (Rear suspension)
       Generasi awal suspensi belakang pada sepeda motor adalah jenis plunger unit. Tipe ini tidak mampu mengontrol dengan nyaman roda belakang. Tidak seperti suspensi depan, suspensi belakang tidak mempunyai sistem steering (kemudi). Sistem ini hanya menopang roda belakang dan menahan goncangan akibat permukaan kondisi jalan.
       Tipe suspensi belakang saat ini yang banyak digunakan adalah:
a) Tipe Swing Arm
b) Tipe Unit Swing
       Konstruksi suspensi tipe swing arm adalah dua buah lengan yang digantung pada rangka dan ujung yanga lain dari suspensi tersebut menopang roda belakang. Rancangan suspensi belakang tipe swing arm ditunjukkan oleh gambar 10.6 berikut.
http://www.crayonpedia.org/wiki/images/b/b3/Gun577.jpg
      Cushion unit/shock absorber (peredam kejut) diletakkan antara ujung belakang dari lengan dan rangka (frame)
http://www.crayonpedia.org/wiki/images/8/8d/Gun578.jpg
       Getaran pada sepeda motor yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata perlu diredam untuk mengurangi kejutan-kejutan akibat gerak pegas. Komponen yang berfungsi sebagai peredam kejut tersebut adalah sok breker. Oleh sok breker gerak ayun naik turun badan sepeda motor diperlambat sehingga menjadi lembut dan tidak mengejut. Itulah sebabnya sok breker disebut juga sebagai peredam kejut.
c. komponen sistem suspensi
       Sok breker terdiri atas sebuah tabung yang berisi oli. Di dalam tabung tersebut terdapat sebuah katup yang berfungsi untuk mengatur aliran oli. Perlambatan gerak ayun badan sepeda motor terjadi karena aliran oli di dalam tabung sok breker terhambat oleh katup. Hal ini disebabkan karena lubang katup yang sempit. Jika jumlah oli dalam tabung kurang maka kerja sok breker menjadi tidak baik. Dalam hal ini sok breker tidak bisa meredam kejutan. Apabila kerja sok breker sudah tidak baik maka sebaiknya sok breker tersebut diganti. Penggantian sok breker dianjurkan sepasang sekaligus meskipun sok breker yang satunya tidak rusak. Hal ini dimaksudkan untuk menyamakan tekanan sehingga sepeda motor tetap seimbang, tidak seperti berat sebelah/miring. Untuk menentukan apakah sok breker bekerja dengan baik atau tidak bukanlah hal yang sulit. Biasanya sepeda motor yang sok brekernya sudah rusak menjadi tidak enak dikendarai.
       Kerusakan sok breker umumnya disebabkan oleh kebocoran oli. Hal ini bisa dilihat pada tabung sok brekernya. Jika tabung sok breker selalu basah oleh rembesan oli maka hal itu berarti sok breker telah bocor. Sok breker harus diganti jika sudah tidak baik kerjanya.
d. Pemeriksaan dan perawatan:
       Pemerksaan dan perawatan sistem  suspensi sepeda motor adalah sebagai berikut:
a)      Jika selama sepeda motor dikendarai dan kadang sepeda motor oleng kesalah satu sisi tanpa sebab yang jelas maka ada kemungkinan salah satu dari sok brekernya rusak. Periksalah keadaan sok brekernya. Jika terdapat rembesan oli pada tabungnya maka hal itu berarti bahwa sok breker bocor sehingga tekanannya tidak sama. Kedua sok breker harus diganti.
b)      Jika selama sepeda motor dikendarai pemegasannya terasa tidak nyaman tetapi tekanan ban normal, tidak terlalu keras, mungkin disebabkan oleh sok brekernya yang tidak bekerja. Periksa semua sok brekernya. Jika salah satu sok breker rusak, ganti keduanya. Untuk pemeriksaan sok breker, tekanlah sepeda motor tersebut ke bawah dan kemudian lepaskan tekanan tersebut secara mendadak. Jika sepeda motor melenting dengan cepat bagian badannya dan berayun-ayun maka kemungkinan besar sok brekernya sudah tidak bekerja. Sok breker sepeda motor tersebut harus diganti.
c)      Periksa keadaan pegas suspensinya. Ukur panjang pegas dalam keadaan pegas terlepas. Jika panjang pegas melebihi ketentuan, pegas harus diganti.
http://www.crayonpedia.org/wiki/images/f/f2/Gun579.jpg
       Kontruksi tipe unit swing adalah mesin itu sendiri yang bereaksi seperti lengan yang berayun. Jadi mesin tersebut yang berayun. Umumnya suspensi tipe unit swing dipakai pada sepeda motor yang mempunyai penggerak akhirnya (final drive) memakai sistem poros penggerak.
B. TEMUAN STUDI
1        PENGGANTIAN KANVAS REM TROMOL HONDA SUPRAX 125D
  1. Lepaskan baut pengunci roda, baut penyetel rem, dan baut as
  2. Lepaskan as roda, sehingga roda terlepas
  3. Ambil bagian backplate rem dan lepaskan sepatu rem dari backplatenya
  4. Berikan grease pada pegas rem dan bagian yang bersinggungan dengan sepatu rem(cam dan penahan )
  5. Pasanglah sepatu rem baru
  6. pasanglah roda kembali
ket: Kanvas rem menempel pada sepatu rem, jadi setiap mengganti kanvas rem juga mengganti sepatu rem.
2        PENGGANTIAN OLI SHOCK BREAKER DEPAN HONDA SUPRAX 125D
  1. Lepaskan baut as, dan as roda
  2. Lepaskan baut pengunci kaliper rem, dan semua baut yang terikat pada sistem suspensi
  3. Lepaskan baut pengunci suspensi
  4. lepaskan suspensi dari dudukanya
  5. Lepaskan tutup suspensi dengan cara menekanya dengan obeng lalu melepas pengunci tutup suspensi dengan menggunakan obeng standar
  6. bersihkan tabung suspensi dan pegasnya dari sisa oli dengan menggunakan bensin
  7. Kemudian keringkan tabung dan pegas suspensi
  8. Isikan oli shock breaker dengan volume tertentu ke dalam tabung yang berisi pegas
  9. Pasang tutup suspensi dan penguncinya
  10. Pasang semua bagian yang di lepas diatas
  11. Pasanglah roda dan kencangkan
















BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
  1. Rem adalah salah satu bagian kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan dengan memanfaatkan gaya gesek
  2. Rem dibagi menjadi dua macam yaitu rem tromol dan rem cakram
  3. Rem belakang HONDA SUPRAX 125D berjenis rem tromol
  4. Sistem suspensi dirancang untuk menahan getaran akibat benturan roda dengan kondisi jalan.
  5. Suspensi depan terbagi menjadi dua macam yaitu garpu batang bawah dan garpu teleskopik
  6. Suspensi belakang terbagi menjadi dua macam yaitu tipe swing arm dan unit swing
  7. Suspensi depan HONDA SUPRAX 125D bertipe garpu teleskopik

B. Saran
  1. Saran untuk sekolah
a.       Hendaknya guru pembimbing lebih banyak melakukan survei ke tempat industri agar dapat memantau siswa prakerin
b.      Hendaknya pihak sekolah memberi sanksi tegas bagi siswa yang melanggar peraturan prakerin
c.       Hendaknya pihak sekolah lebih meningkatkan pengarahan kepada siswa prakerin
  1. Saran untuk perusahaan
a.       Hendaknya perusahaan dapat mempercayai kinerja siswa yang melakukan praktek industri
b.      Hendaknya perusahaan lebih meningkatkan arahan kepada siswa prakerin

DAFTAR PUSTAKA

-       Teknik sepeda motor jilid 1,2,3
-       http://fahrurrozi-teknologi.blogspot.com/2010/12/rem-sepeda-motor.html
-       http://sadrihidayat.blogspot.com/
-       http://cahyoadjah.blogspot.com/2009/05/suspensi.html